Senin, 09 Juli 2012

- Senin & Kamis -

" Puasa Senin Kamis terbukti memicu proses protektif di otak kita "

Berpuasa sudah lama diketahui sangat baik untuk kesehatan. Namun saat ini, manfaat berpuasa untuk kesehatan semakin terbukti secara ilmiah. Bahkan para peneliti dari United States National Institute of Ageing menyarankan bahwa ada baiknya kita mulai kembali berpuasa Senin Kamis, sebab terbukti puasa dua hari dalam satu pekan
sangat bermanfaat untuk kesehatan hormon dan perubahan metabolisme.

Saat ini ada bukti kuat bahwa berpuasa dua hari dalam satu pekan sangat baik dan bermanfaat. Puasa yang dimaksud di sini adalah mengonsumsi makanan hanya sekitar 500 - 800 kalori. Bandingkan dengan asupan harian sekitar 2.000 kalori untuk perempuan dan 2.500 kalori untuk pria.

Asupan itu bisa menurunkan tingkat pertumbuhan hormon yang terkait dengan kanker dan diabetes. Tak ketinggalan juga, mengurangi kolesterol buruk LDL dan lemak dalam darah. Sedangkan radikal bebas juga menurun. Dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa tingkat peradangan dapat berkurang. Bahkan, disebutkan pula berpuasa dua hari dalam satu pekan dapat melindungi otak. Maka, risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson pun bisa dikurangi.

“ Menurunkan secara drastis asupan makanan terbukti memicu proses protektif di otak kita. Ini sama dengan memperoleh efek tambahan di saat kita berolahraga. ” ujar Prof. Mark Mattson, kepala bagian saraf di United States National Institute on Ageing.

Kesimpulan itu diperoleh dari hasil penelitian terhadap sekelompok perempuan yang mengalami obesitas ( kelebihan berat badan ), yang menjalani diet 1.500 kalori sedangkan kelompok lain hanya 500 kalori selama dua hari. Ternyata hasilnya menggembirakan. Kedua kelompok memang mengalami penurunan berat badan. Namun, kelompok yang berpuasa ( hanya menerima asupan 500 kalori ) ternyata mengalami kemajuan lebih pesat. Menurut peneliti, mereka mengalami peningkatan sensitivitas insulin. Ini berarti mereka mempunyai kendali tingkat gula darah yang lebih baik.
-Dee-
note : copas by friend 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar