Kamis, 15 Maret 2012

- Memory di suatu senja -


NAD 10.58 PM

" Senja itu seperti menyiratkan kesedihan untukku..karena setelah senja maka malam menjelang, gelap yang aku rasakan sepi mengisi malamku..aku benci senja..bagiku senja itu seperti menggambarkan sebuah perpisahan.."

Suatu kali aku pernah membaca status salah satu sahabatku yang intinya seperti kalimat diatas itu, dia selalu benci saat senja menjelang malam..aku ingat saat itu kita sedang "ngupi" di salah satu coffe shop (baca warkop :p ) di salah satu coffee shop cukup terkenal di Banda Aceh dengan tatanan kota yang sangat strategis, di depan coffee shop adalah sungai yang di seberangnya adalah bangunan gereja tua sedangkan di belakang coffe shop itu adalah Mesjid Raya Baiturrahman. aku yakin teman-teman yang suka minum kopi dan pernah di Banda Aceh maka akan sangat familiar dengan tempat ini..sore itu kami (para perempuan) sedang menikmati santai setelah seharian bertarung dengan pekerjaan yang menguras isi otak. Tiba-tiba salah satu temanku berceletuk " aku benci senja ", senja itu bikin aku merasa ketakutan karena sebentar lagi akan gelap dan aku ga suka gelap, entah apa yang mendasarinya berkata seperti itu..seperti biasa otakku lansung menangkap sepertinya ada sesuatu di balik ungkapan tak terduga itu..tapi saat itu aku tak tertarik untuk mencari tahu ada apa dengan senja di dalam pikirannya, karena aku terlalu lelah dan hanya ingin menikmati sunset dan kopiku..obrolan sore itu berakhir seiring gema azan di Masjid yang indah itu.

Hmm...bagiku senja itu indah, aku selalu suka dengan suasana matahari (sunset) di kala senja hari, di setiap kali ada momen senja indah kadang aku suka mengabadikannya dengan kamera poket atau hanya sekedar dengan telpon genggam..hehe maklumlah hanya amatiran.  Senja itu menggambarkan saat aku harus kembali pulang ke rumah, kembali menyegarkan fisik dan psikisku dari hura hara di siang hari..memang kadang senja itu membawa kesedihan buatku, apa lagi ketika aku sedang tidak di rumah yang memang lebih sering berada di luar rumah karena tuntutan mencari nafkah..rasanya kalau sudah senja dan menjelang azan..saat-saat seperti itu adalah saat-saat dimana aku sangat merindukan kehangatan dalam pelukan keluargaku, terbayang saat-saat harus segera pulang kerumah. karena aturan rumah yang mengharuskan seluruh anggota keluarga sudah harus di rumah sebelum azan magrib..maka saat jauh dari rumah hal itu sangat membuatku rindu dan tentu saja saat2 begitu senja menjadi begitu menyedihkan buatku..

Dulu ketika aku masih menuntut ilmu (baca : cari ijazah :p ) senja di salah satu sudut kota jogja menjadi sangat indah bagiku...masih ingat dulu..saat aku lagi pengen sendiri dan menyendiri maka tujuanku saat itu adalah stasiun tugu, kadang hanya diam dan duduk manis disana..menunggu senja sambil menikmati pemandangan para penumpang dengan segala tingkah polahnya..haha somehow hal itu dulu sangat membahagiakan..yah senja di stasiun tugu :) jadi kangen pengen menikmati senja disana lagi..suatu kali di tahun 2006 aku dengan teman kerja iseng mencari sunset sampai ke magelang yah sampai ke borobudur waktu itu..indah banget, sayangnya gambar yang menggambarkan senja itu hilang bersama kena virusnya lappi si teman..ah seandainya saja masih ada, pasti indah untuk dilihat..

ah jadi ingat pertanyaan teman FB yang protes kenapa aku menggantikan namaku menjadi " Bintang Senja " karena menurut dia kesannya suram..sedih dan tua..hahaha aku hargai pendapatnya, tapi aku hanya ingin menggunakannya sesaat dan sekarang aku gunakan lagi karena aku kangen saat-saat senja. hmmm..kira2 kalau aku pindah ke mars disana ada saat-saat senja ga yah? hihihi.. hei kamu yang di mars yang sedang menunggu aku menyusulmu..kabari padaku apakah disana juga ada saat-saat senja? ... haha just kidding ;) 

Ada yang tau lagu lama ga? lagu tentang senja..aku ga tau siapa yang menyanyikan lagu itu, tapi aku suka..haha dasar jadul yah ;).. hmm kalau ga salah liriknya begini..
Senja di batas kota..
Selalu teringat dirimu...
Saat kita kan berpisah..
Berdebar rasa di dada..

Tiada dapat ku lupakan..
Peristiwa senja itu..
Engkau di seberang sana..
Menunaikan tugasmu..

Senja di batas kota...
Selalu teringat dirimu...
Hanya bila kau kembali..
Hidupku akan bahagia..
hehehe...kenapa jadi mellow begitu yah, padahal mauku senjaku itu indah dan tidak mellow..yah aku akan menanti sampai kau datang padaku dan hidupku akan bahagia seperti kata lagu itu..tapi yang pasti senja itu adalah waktunya manusia kembali dari rutinitas sehari-hari dan sujud padaNya, menyerahkan diri seutuhnya, mengingatNya penuh

Semoga aku masih bisa bertemu senja esok hari dan menikmati sunset yang indah di kotaku ini..meskipun aku ingin menikmati sunset di setiap kota dimanapun aku berada, at least saat ini, disinilah aku..jadi senjaku masih akan disini kalau Allah masih mengizinkanku bertemu senja esok hari..Amin Ya Rabb.


June 14 2011
11. 31 PM

[ Hasil buka-buka file lama, tulisanku saat itu ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar