Minggu, 15 Juli 2012

- Ramadhan -

" Bagaimana caranya bersiap siap menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ? "

Ramadhan adalah bulan kebaikan dan keberkahan. Pahala amal shalih di dalamnya dilipat gandakan melebihi hari hari di bulan bulan selainnya. Setan dibelenggu. Pintu pintu surga dibuka. Sementara pintu pintu neraka ditutup. Maka sudah sepantasnya kita ( kaum muslimin ) menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat. Sebagaimana musafir yang menyiapkan bekal untuk perjalannya. Dan perlu diketahui pula, sesungguhnya setan juga sudah menyiapkan godaan godaan - sebelum ia dibelenggu - melalui berbagai perkara perkara melalaikan, seperti : sinetron, film,musik, fashion, bermacam macam game online dan semisalnya. Inilah sebabnya, kaum muslimin harus benar benar serius dalam mengadakan persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini. Sungguh berbahagia orang orang yang bisa memanfaatkan bulan suci Ramadhan sejak dari hari pertama sampai terakhirnya.

Bagaimana caranya menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ?

1. Kita berdoa kepada Allah agar menyampaikan umur kita kepada bulan yang sangat mulia ini. Para ulama salaf sudah melakukannya. Mereka berdoa kepada Allah enam bulan sebelumnya agar dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan, lalu enam bulan sesudahnya mereka berdoa agar amal Ramadhan mereka diterima. Inilah sebabnya kita dianjurkan berdoa kepada Allah agar membantu kita dalam mempersiapkan bekal terbaik menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dan dalam menjalankan amal amal shalih fi syahrin karim ( di bulan yang sangat mulia ini ).

2. Memperhatikan amal amal shalih yang bersifat wajib, seperti shalat berjamaah lima waktu sehingga saat bulan suci Ramadhan tiba, tidak ada pahala besar yang luput dari kita. Usahakan sekuat tenaga, jangan sampai ada dosa yang menghambat mengalirnya pahala.

3. Membiasakan shalat malam, berdoa dan tilawatul Qur'an sehingga kita tidak melemah di pertengahan jalan. Perlu juga disiapkan waktu khusus untuk tilawataul Qur'an, baik sesudah shalat atau sebelumnya, antara maghrib dan isya' atau waktu waktu selainnya.

4. Membaca dan mempelajari hukum hukum puasa dari berbagai kitab dan CD rekaman ceramah para ulama.

5. Persiapan untuk berdakwah dengan sarana sarana yang sekiranya memungkinkan. Misalnya mengadakan kajian kajian, menyebarkan buletin dakwah, membagi bagikan buku buku keislaman dan semisalnya. Semoga melalui cara ini, banyak orang mendapat petunjuk sehingga kita mendapat pahala dari amal amal shalih yang mereka kerjakan.

6. Membiasakan diri dengan akhlak baik dan menjauhi akhlak akhlak tercela. Ini bisa dilakukan dengan cara merujuk kepada kitab kitab suluk ( akhlak ) dan bertanya kepada orang orang shalih perihal akhlak mulia yang diagungkan dalam Islam.

7. Membuat jadwal kegiatan di bulan suci Ramadhan, seperti kapan membaca Al Qur'an, kapan bersilaturrahim ke rumah saudara atau kawan, kapan memberikan santunan dan semisalnya.

8. Ikut andil dalam memberikan dan menyajikan hidangan berbuka. Ini bisa dilakukan dengan cara mengusulkan kepada pengurus masjid untuk mengadakan acara buka puasa bersama. Minimal sekali selama Ramadhan. Lebih baik lagi kalau setiap hari.

Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk mencapai bulan suci Ramadhan di tahun ini. Memberi taufiq untuk beramal shalih dan berbuat kebaikan sebanyak banyaknya di bulan yang sangat mulia ini. Serta memberkahi umur dan waktu kita untuk menghiasinya dengan nilai nilai hasanah di bulan penuh berkah ini.

Aamiin Allahumma Aamiin.
Note : Copas by friend
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar